Jumat, 19 Desember 2014

SCRUBBING








Kita tentunya tidak asing lagi bila mendengar istilah lulur atau scrub...kalau dulu proses lulur atau scrub hanya bisa dilakukan sesekali dan di tempat tertentu,tapi kini sudah berbeda.. melakukan lulur atau scrub bisa dilakukan kapan dan dimana saja, baik itu ketempat yang menyediakan jasa scrubbing ataupun dilakukan sendiri di rumah sebab kini sudah banyak sekali bisa kita jumpai produk-produk scrub ataupun lulur yang tersedia dengan berbagai pilihan aroma dan kegunaan.



 1.Pentingkah scrub untuk kulit ?
Sebenarnya, secara alami kulit akan mengalami proses regenerasi selama 14 sampai 21 hari, akan tetapi seiring bertambahnya usia, ditambah juga dengan gaya hidup yang tidak bersahabat bagi kulit sehat, seperti: sering berada di ruangan ber-AC, mengonsumsi alkohol, merokok, polusi udara, sering lembur atau begadang terkadang hal-hal tersebut membuat proses regenerasi sel kulit tidak optimal. Bila ini terus dibiarkan, kulit akan terlihat kusam karena penumpukan sel kulit mati. Nah, di sinilah kulit membutuhkan bantuan dari scrub. Sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu apakah fungsi utama dari scrub, fungsi utama dari scrubbing ( proses scrub) adalah proses untuk membantu mengangkat sel kulit mati, mengangkat kotoran yang menyumbat pori kulit, sekaligus  membukanya agar kulit bisa bernapas dan menyerap nutrisi dari produk yang kita pakai, seperti lotion, pelembap, body butter atau lainnya, selain manfaat tersebut diatas fungsi scrub adalah untuk menjaga kebersihan kulit dari kotoran yang melekat dan mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit tidak tampak kusam dan kotor.






 2.Apa perbedaan antara scrub dan lulur? 


Sebenarnya antara lulur dan scrub adalah produk yang memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mengangkat sel kulit mati, perbedaan antara lulur dan scrub biasanya terletak pada bahan bahan yang digunakan dalam membuat produk tersebut, kebanyakan bahan dasar untuk lulur adalah bahan-bahan alami sedangkan untuk scrub juga memiliki bahan dasar kimia. Scrub dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu granule atau butiran dan tanpa granule atau tanpa butiran, hanya saja kebanyakan produk scrub yang dijual di pasaran mengandung granule dan bersifat kasar. Lalu apakah yang dimaksud dengan Lulur?  lulur adalah istilah bahasa Indonesia yang pada prinsipnya juga sama dengan scrub, hanya saja untuk lulur bisa dikategorikan pada jenis scrub yang tanpa granule atau dengan kata lain produk scrub yang memiliki sifat halus, kebanyakan untuk produk lulur terbuat dari bahan-bahan yang alami, biasanya untuk produk lulur kebanyakan terbuat dari beras yang dicampur bahan alami dan rempah-rempah lainnya.



3.Apa saja macam-macam Scrub?
Apabila dilihat dari fungsinya maka kita akan menemukan 2 jenis scrub, yaitu scrub wajah atau yang biasa juga disebut peeling ( untuk peeling ada banyak juga jenis macamnya, dan akan saya share di review selanjutnya) dan juga scrub badan atau body scrub. Apa perbedaan scrub wajah ( peeling ) scrub badan ( body scrub ) :




a.Scrub wajah  (peeling)
Scrub untuk wajah biasanya mengandung butiran yang lebih halus dibandingkan dengan scrub untuk badan, hal ini dikarenakan kulit tubuh lebih tebal dibandingkan dengan kulit wajah.

 
 
 
b.Scrub untuk badan (Body Scrub)
Scrub untuk badan biasanya mengandung butiran yang kasar, ini dikarenakan kulit tubuh memang cenderung lebih kasar dibandingkan dengan kulit wajah, dan biasanya untuk produk-produk body scrub terdapat lebih banyak jenis dan pilihan aromanya yang mana dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan kulit tubuh.
 
Sebagai catatan produk scrub wajah tidak boleh digunakan untuk badan dan demikian pula sebaliknya, sebab kandungan granule (butiran) yang terdapat didalamnya telah disesuaikan untuk kebutuhan masing-masing kulit.
 
 
 
 
4.Berapa kali scrubbing  itu boleh dilakukan? 
Sebaiknya scrubbing dilakukan 2 minggu sekali atau sedikitnya sekali dalam sebulan, hal ini disesuaikan dengan proses regenerasi kulit yang berlangsung setiap 14 sampai 21 hari sekali dan juga sesuai kondisi kulit.  Dimana selain bertujuan untuk membantu meluruhkan sel kulit mati penyebab kulit terlihat kering dan kusam, juga mempercepat proses regenerasi sel kulit. 



Demikian sedikit ulasan mengenai scrubbing, tentu saja untuk produk apa yang akan kita gunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing..dan juga untuk pilihan aromanya bisa kita pilih sesuai dengan aroma kesenangan kita, sebab masing-masing jenis produk memiliki fungsi yang berbeda terkandung dari jenis bahan yang terdapat didalamnya..Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar