Sabtu, 20 Desember 2014

Peeling Wajah??







Dalam dunia estetika, istilah peeling termasuk dalam kategori medis atau pengobatan, kebanyakan orang yang melakukan peeling adalah orang yang sudah masuk dalam kategori dewasa, dimana mereka mulai merasakan adanya gejala penuaan pada bagian kulit wajah, seperti timbulnya kerutan halus, timbulnya flek hitam pada wajah, dan gejala penuaan lainnya...akan tetapi pada prinsipnya peeling memiliki fungsi untuk membantu proses regenerasi kulit pada bagian wajah, untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan kulit pada bagian wajah secara menyeluruh. Mayoritas orang yang melakukan peeling berada pada usia dewasa, lalu bagaimana dengan usia remaja?bolehkah remaja melakukan peeling ? pada umunya untuk proses regenerasi kulit pada remaja masih berlangsung dengan normal sehingga bantuan proses regenasi kulit dengan peeling tidak begitu diperlukan, tetapi untuk beberapa kasus seperti menghilangkan scar (bekas jerawat) maka hal ini diperbolehkan.





1.Apa saja manfaat peeling?
Ada beberapa manfaat dari peeling wajah, diantaranya :


  • membantu proses regenerasi kulit ( pada usia dewasa / mulai mengalami proses penuaan ) 
  • membantu untuk mengecilkan pori-pori pada wajah 
  • membantu menghilangkan scar / bekas jerawat pada wajah 
  • mengurangi kerutan halus pada wajah
itu adalah beberapa manfaat dari peeling, namun secara umum manfaat dari peeling adalah membuat wajah anda tampak bersih dan sehat.




2.Ada berapa macam peeling itu ?
Mungkin secara umum, peeling dapat saya kategorikan menjadi 2 : 

 
  • Peeling sederhana :  kenapa saya sebut sebagai peeling sederhana, sebab untuk yang satu ini, kita dapat melakukan sendiri di rumah tanpa bantuan alat ataupun dokter, sebab sekarang banyak sekali produk peeling yang dapat kita jumpai dan beli baik itu di supermarket, ataupun toko-toko yang menjual produk perawatan kulit, atau di apotik. untuk jenis peeling yang satu ini biasanya peeling yang digunakan berbentuk cream, hampir menyerupi lulur badan akan tetapi untuk peeling cream biasanya mengandung granule ( butiran yang bersifat halus ) sehingga tidak akan melukai kulit wajah, akan tetapi ada beberapa hal yang harus kita pastikan sebelum kita melakukan peeling di rumah, antara lain pastikan tidak ada luka pada wajah anda sebab bila ada luka maka kulit wajah akan terasa perih pada saat kita melakukan peeling, usahakan kondisi kulit wajah tidak sedang dalam keadaan yang berjerawat, pastikan bahwa peeling cream yang anda gunakan memiliki ijin resmi ( terdaftar POM ) jangan memakai peeling cream yang tidak terdaftar BPOM sebab justru akan menimbulkan efek yang tidak bagus untuk kulit wajah anda.
 
  • Peeling dengan bantuan dokter / beauty klinik : kenapa saya sebut peeling dengan bantuan dokter, sebab untuk peeling yang satu ini memang memerlukan bantuan alat dan juga bahan peeling yang digunakan tidak hanya berbentuk cream, ada juga yang berbentuk liquid ( cairan ) dan beberapa bahan tambahan lainnya. Lalu apa saja jenis peeling ini ? untuk peeling ini bisa dikategorikan dalam 2 jenis, yaitu :
  1. Peeling kimiawi ( chemical peeling ) : kenapa disebut sebagai peeling kimia, ini dikarenakan bahan dasar yang digunakan untuk peeling memiliki bahan dasar kimia dan biasanya bahan yang digunakan berbentuk cairan (liquid), dimana untuk prosesnya disesuaikan terlebih dahulu dengan masalah kulit yang diderita sebab setiap untuk tingkatan / masalah kulit wajah akan menggunakan cairan kimia yang berbeda pula ( disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi dan problem pada kulit wajah ). Perawatan dengan menggunakan metode chemical ini cocok untuk anda yang sudah berada pada usia dewasa, dimana biasanya gejala penuaan dini mulai terlihat seperti munculnya kerutan halus pada wajah, timbulnya flek hitam, untuk kondisi kulit yang kering, mengalami problem dengan proses regenerasi kulit, untuk jenis dan tingkat obat yang akan digunakan dalam metode ini biasanya dokter akan melihat terlebih dahulu kondisi kulit wajah anda, problem pada kulit wajah anda dan beberapa hal lainnya, sebab ini akan menentukan jenis bahan yang akan digunakan, sebab apabila tidak sesuai maka bukannya kulit wajah yang bersih dan sehat akan anda dapatkan justru sebaliknya. Biasanya efek samping yang akan anda rasakan setelah melakukan chemical peeling antara lain rasa perih dan terbakar, serta kemerahan sementara pada kulit wajah, dimana hal ini disebabkan karena terkelupasnya lapisan kulit yang paling luar untuk digantikan oleh kulit baru yang lebih segar dan merupakan efek samping dari larutan /bahan yang digunakan untuk melakukan chemical peeling, akan tetapi anda tidak perlu khawatir sebab efek ini akan hilang dalam beberapa jam atau hari ( disesuaikan dengan kondisi kulit wajah anda ) dan tentunya anda akan mendapatkan hasil kulit wajah yang sehat dan bersih sesudahnya. Oleh karena itu untuk proses peeling yang satu ini pastikan terlebih dulu bahwa anda sudah berada di tangan yang ahli dan tepat, supaya anda mendapat hasil yang bagus juga tentunya.  
  2. Mechanical Peeling :  jenis peeling yang satu ini juga dikenal dengan sebutan microderma, kenapa disebut peeling mekanik??sebab untuk jenis peeling yang satu ini memang menggunakan bantuan alat, dimana alat yang digunakan adalah aluminium kristal oksidasi. Mikrodermabrasi juga memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan epidermis dan dermis kulit wajah, merangsang sirkulasi darah dan oksigen dan juga merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan lembap serta awet muda oleh karena itu jenis treatment yang satu ini juga dikenal sebagai perawatan peremajaan kulit. Untuk jenis peeling yang satu ini biasanya hasilnya akan lebih cepat terlihat, dimana kulit anda akan terlihat lebih cerah, sehat dan bersih..namun ada beberapa hal juga yang harus anda catat selesai melakukan jenis peeling yang satu ini, diantaranya usahakan wajah anda tidak terkena sinar matahari langsung setelah melakukan proses microderma ( anda bisa menggunakan topi, sunblock atau sejenisnya dan biasanya dokter akan memberikan krim khusus apabila anda selesai melakukan proses microderma ), jangan menggunakan krim wajah sembarangan setelah melakukan microderma, usahakan anda menggunakan produk dokter, atau konsultasikan terlebih dahulu produk yang anda gunakan dengan dokter yang menangani anda.

 


Nah demikian sedikit ulasan mengenai peeling, apa yang akan anda pilih ? sesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi dan problem kulit wajah anda, dan pastikan juga anda menggunakan produk yang aman serta ditangan yang ahli dan tepat....selamat mencoba dan semoga bermanfaat :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar