Selasa, 23 Desember 2014

Masker wajah dan manfaatnya







Masker...tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan jenis perawatan yang satu ini, kalau dulu masker identik dengan salah satu jenis perawatan wajah untuk Wanita ( hal ini dikarenakan dulu kebanyakan untuk perawatan yang satu ini hanya di lakukan di salon2 ataupun tempat2 perawatan wajah dan tubuh yang mayoritas pengunjungnya adalah Wanita ), tapi sekarang masker juga sudah mulai banyak dilirik oleh kaum Pria ( sekarang sudah banyak sekali tempat perawatan tubuh dan wajah untuk Pria dan juga sudah banyaknya produk masker wajah yang dapat kita jumpai di toko-toko ataupun apotik dan supermarket atau juga di tempat perawatan tubuh dan wajah yang menjual masker untuk penggunaan di rumah ), tentu saja selain karena faktor tersebut masker juga memiliki banyak manfaat positif untuk kulit wajah selain dari cara penggunaanya yang mudah dan praktis. Penggunaan masker sebenarnya tidak memandang gender atau jenis kelamin, sebab manfaat dari masker itu sendiri adalah untuk membantu perawatan kulit wajah dan hal tersebut berlaku baik untuk Pria maupun Wanita. 




Sekarang ini sangat mudah dan banyak sekali kita jumpai produk masker wajah yang dijual bebas di pasaran, produk ini biasanya tersedia dalam berbagai macam jenis dan bentuk, akan tetapi yang harus menjadi catatan penting sebelum kita membelinya adalah :
  1. Pastikan bahwa produk terdaftar resmi dan memiliki ijin dari depkes ( BPOM ) 
  2. Pastikan kita memilih produk sesuai dengan kulit wajah kita ( bila kita membeli masker yang tidak sesuai dengan kondisi kulit wajah maka kita tidak akan mendapat manfaat positf dari penggunaan masker tersebut justru sebaliknya, misalkan kulit wajah akan menjadi kemerahan atau iritasi, timbul jerawat, dll ) 
  3. Jangan membeli karena tergiur harga yang murah ( banyak sekali produk masker ini yang di jual dengan harga yang murah dan dengan iming2 produk tersebut adalah produk import, sekali lagi pastikan bahwa produk tersebut aman dan memiliki ijin resmi ) 
  4. Konsultasikan produk yang akan anda gunakan tersebut dengan dokter ( hal ini sangat diwajibkan khususnya apabila anda menggunakan produk ataupun sedang dalam perawatan dokter yang menangani kulit wajah anda, biasanya dokter akan merekomendasikan produk tertentu untuk hal ini ) 
  5. Apabila anda memutuskan untuk membeli produk import, maka pastikan terlebih dahulu mengenai ijin kemudian tanggal kadaluwarsa, atau apabila anda memiliki waktu lebih anda bisa mencoba googling terlebih dahulu mengenai produk yang akan anda beli ( biasanya produk yang memang memiliki kualitas bagus akan memiliki banyak ulasan ataupun review ketika anda googling, dan juga produk tersebut biasanya akan di jual baik di web ataupun on line shop luar ) 




 Lalu apa saja jenis masker ? ada beberapa jenis masker antara lain : 



a) Masker Bubuk
Masker yang berbentuk bubuk merupakan bentuk masker yang paling awal dan populer. Banyak produsen kosmetika baik tradisional maupun modern yang memproduksi jenis masker bubuk. Biasanya masker bubuk terbuat dari bahan-bahan yang dihaluskan dan diambil kadar airnya. Pilihlah jenis masker bubuk yang sesuai dengan jenis kulit anda. Kebanyakan untuk jenis masker yang satu ini  produsen yang menjualnya adalah produsen lokal yang memang sudah memiliki reputasi di bidangnya, dan untuk cara penggunaanya kebanyakan dengan cara bubuk masker tersebut dicampur dengan air mawar kemudian setelah tercampur masker dioleskan dari bagian leher hingga wajah untuk cara mengoleskan masker gunakan kuas yang halus dan memang dikhususkan untuk penggunaan masker wajah kemudian oleskan dari bagian bawah ke atas biarkan hingga mengering, setelah masker kering maka anda dapat mengangkat masker dengan menggunakan handuk basah ataupun langsung mencuci muka atau anda bisa mengikuti pentunjuk penggunaan yang tertera pada bagian belakang produk ( banyak produsen lokal yang menyediakan baik masker dan produk penunjang lainnya untuk penggunaannya, seperti mustika ratu, sari ayu, dan beberapa merk lainnya ).


b) Masker Krim
Untuk jenis masker yang satu ini sangat praktis dan mudah dalam penggunaannya. Banyak produk masker bebentuk krim di pasaran yang memang sudah dikhususkan untuk berbagai macam jenis kulit, serta memiliki bahan dasar yang beraneka ragam yang dikemas dalam bentuk tube, sehingga mudah dan praktis. Untuk menggunakannya pun mudah hampir menyerupai pengunaan masker bubuk, hanya saja anda tinggal mengoleskannya pada wajah tanpa harus mencampur bahan, kemudian tunggu hingga masker mengering setelah kering anda bisa memakai handuk yang sudah dibasahi untuk membersihkan masker dari wajah ataupun anda bisa langsung mencuci muka.


c) Masker Gel
Jenis masker yang satu ini juga termasuk jenis masker yang praktis penggunaannya, sebab setelah kering masker tersebut dapat langsung diangkat tanpa perlu dibilas. Masker gel biasanya disebut juga  masker peel-off. Untuk penggunaan masker yang satu ini sangat efisien, anda tinggal mengoleskan masker pada bagian wajah, kemudian tunggu hingga masker kering dan setelah kering anda dapat mengangkatnya, yang perlu diperhatikan dalam penggunaan masker ini adalah setelah masker mengering angkat masker dengan perlahan sebab biasanya masker menempel dengan kuat pada bagian kulit wajah jadi angkatlah dengan perlahan sebab bila anda langsung menariknya bisa mengakibatkan luka pada kulit, kemudian perhatikan juga mengenai waktu penggunaannya biasanya untuk masker yang satu ini memakan waktu kurang lebih 15 menit dalam penggunaannya.


d) Masker Kertas atau Kain
Masker jenis kertas atau kain dikenal juga dengan masker sekali pakai, sebab memang jenis masker yang satu ini hanya bisa digunakan untuk sekali pemakaian, masker yang satu ini memiliki bentuk lembaran menyerupai wajah dengan beberapa lubang di bagian mata, hidung dan mulut atau berupa gulungan kecil yang harus diuraikan. Untuk penggunaannya sangat mudah sekali yaitu anda tinggal membukanya kemudian tempelkan di wajah tunggu beberapa saat hingga kandungan nutrisi yang terdapat pada masker meresap di kulit wajah, setelah sekitar 10 sampai 15 menit, angkat masker dan bersihkan wajah. Yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan masker ini dua kali, setelah anda pakai maka harus dibuang, sebab kandungan nutrisi kulit yang terdapat didalamnya sudah tepakai.






e) Masker Alami
Untuk jenis masker yang satu ini tentu saja tidak dapat anda beli di pasaran, sebab sesuai dengan namanya masker alami maka jenis masker yang satu ini tentu saja terbuat dari bahan-bahan alami, seperti putih telur, madu, tomat, bengkuang dll ( untuk bahan yang akan digunakan pastikan bahwa bahan memiliki kualitas yang baik dan segar / fresh). Untuk jenis masker yang satu ini agak sedikit sulit dalam penggunaannya sebab anda harus mempersiapkan bahan dan mengolahnya hingga siap digunakan, selain itu anda harus memastikan jumlah / komposisi bahan yang akan digunakan supaya anda mendapatkan manfaat yang maksimal dari penggunannya.


Lalu apa saja manfaat dari penggunaan masker untuk perawatan kulit wajah ? manfaatnya antara lain : 
  1. membantu mengangkat sel kulit mati
  2. mengecilkan pori-pori pada wajah 
  3. memperbaiki tekstur kulit wajah hingga kulit pada bagian wajah tampak lebih halus ( terutama untuk kulit wajah yang memiliki banyak lubang bekas jerawat, ataupun terdapat flek hitam, hanya saja untuk prosesnya akan memakan waktu yang cukup lama )
  4. mencerahkan kulit wajah serta membuat kulit wajah tampak segar dan sehat




Itulah sedikit review mengenai masker, jenis, manfaat dan penggunaannya, apapun yang akan menjadi pilihan anda maka pastikan terlebih dahulu kalau masker yang akan anda gunakan sesuai dengan jenis kulit wajah anda, dan aman untuk digunakan supaya anda mendapat hasil serta manfaat yang maksimal dari penggunaan masker... Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar