Senin, 12 Januari 2015

Rambut dan seputar permasalahannya.....




Pada masa sekarang ini perawatan tubuh dan rambut tidak lagi di dominan oleh kaum wanita....sebab untuk sekarang-sekarang ini tampaknya permasalahan pada kulit kepala dan rambut juga menjadi salah satu perhatian bagi kaum pria...Hal ini tentu saja dikarenakan kesehatan pada kulit kepala dan rambut juga menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang penampilan baik bagi kaum wanita maupun pria, hal ini bisa kita lihat dengan semakin banyaknya model potongan rambut dan maraknya tempat yang menawarkan jasa perawatan rambut untuk pria...Lalu apa saja faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada rambut ? apa saja macam-macam rambut rusak yang umumnya sering dialami kaum pria ? dan langkah apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada rambut ? serta bagaimana cara menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut ? Kali ini saya akan membahas mengenai beberapa hal tersebut...semoga bermanfaat :)


Sebelum kita membahas lebih jauh lagi mengenai berbagai macam masalah pada kulit kepala dan rambut....sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu, faktor apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada rambut dan gangguan kesehatan pada kulit kepala....sebab kesehatan kulit kepala juga sangat memegang peranan penting pada kesehatan rambut....

1. Faktor penyebab terjadinya gangguan kesehatan pada kulit kepala dan rambut :

  • Faktor Genetik : Pada beberapa kasus untuk jenis permasalahan rambut seperti kebotakan dan uban (rambut berwarna putih) hal ini bukan hanya sekedar dikarenakan kondisi rambut yang rusak, namun terkadang juga dikarenakan oleh faktor genetik, biasanya rambut putih atau uban seringkali muncul pada usia tertentu tetapi kadangkala kita melihat pada remaja yang masih berusia belasan tahun ataupun anak-anak bisa kita temukan adanya rambut putih (uban),hal ini bisa disebabkan oleh karena faktor genetik tersebut dan demikian pula dengan kebotakan salah satu faktor penyebabnya adalah karena faktor genetik.
  • Sinar Matahari : Pada pagi hari sinar matahari sangat baik untuk kesehatan tubuh kita sebab dapat membantu menstimulasi vitamin D pada tubuh, namun berbeda dengan sinar matahari pada siang hari, sebab selain dapat membuat kulit menjadi hitam ternyata akibat dari paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan terjadinya permasalahan tersendiri pada kulit kepala dan rambut. Terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan rambut menjadi kering, kusam dan rapuh dan untuk anda yang memiliki rambut yang tipis maka resiko terjadinya "sunburn" pada kulit kepala akan semakin meningkat. Maka untuk anda para pria yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda berada di luar ruangan, maka ada baiknya anda mengunakan penutup kepala / topi, sebab untuk jenis produk perawatan rambut yang mengandung sunscreen belum terbukti efektif untuk mencegah efek negatif akibat paparan sinar matahari pada kulit kepala dan rambut.
  • Nutrisi : Selain tubuh ternyata rambut juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk kesehatannya, rambut juga membutuhkan protein dan zat besi agar tetap sehat dan selain itu omega-3, zink dan vitamin A juga dapat membantu untuk meminimalisir terjadinya kerontokan pada rambut. 
  • Zat kimia dan panas : Terlalu sering menggunakan pengering rambut, melakukan pewarnaan rambut dan pengunaan produk hair gel ataupun styling wax pada rambut secara berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada kulit kepala dan rambut. Oleh karena itu sangat disarankan untuk anda mencuci rambut setelah menggunakan hair gel, styling wax ataupun produk sejenisnya,hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan sisa produk pada kulit kepala yang nantinya dapat mengakibatkan terjadinya ketombe ataupun rambut rontok ( apabila anda menggunakan produk yang kurang sesuai dengan jenis rambut anda )
  • Terlalu sering ataupun jarang mencuci rambut : rata-rata orang mencuci rambut setiap dua hari sekali ataupun ada yang mencuci rambut setiap hari dan juga ada orang yang merasa cukup untuk mencuci rambut seminggu hanya 1 atau 2 kali, akan tetapi hal ini tidak selalu berlaku untuk semua orang. Untuk itu kenali terlebih dahulu jenis rambut anda kemudian anda dapat menentukan sendiri seberapa sering anda harus mencuci rambut, biasanya untuk rambut yang ikal cenderung lebih kering dan bisa lebih jarang dikeramas, sedangkan pada jenis rambut lurus biasanya lebih cepat berminyak dan jika anda tergolong lebih aktif dan biasa berolahraga secara rutin, sebaiknya memilih sampo dengan bahan yang cukup lembut agar bisa keramas setiap hari akan tetapi jangan lupa apabila anda sering memakai hair gel, styling wax ataupun produk sejenisnya setiap hari maka sangat disarankan untuk anda juga mencuci rambut setiap hari, hal ini untuk mencegah terjadinya ketombe dan rambut rontok.
  • Stres : Salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan pada kulit kepala (ketombe) dan kerontokan pada rambut adalah stres, namun hal ini bersifat temporer ( sementara ). jika stressor ( pencetus stres ) hilang dan stres mereda maka kondisi kulit kepala dan rambut akan kembali seperti semula.

2.Apa saja kerusakan pada rambut dan gangguan kesehatan kulit kepala yang umum terjadi :

*Rambut Kering
Jenis kerusakan ini sangat umum dialami baik oleh pria maupun wanita. Langkah mudah untuk mengetahui permasalah yang satu ini  adalah coba anda ambil seuntai rambut anda kemudian secara perlahan regangkan rambut anda, apabila rambut anda patah dengan mudah, berarti rambut anda kurang kelembaban atau kering. Ada beberapa faktor untuk jenis permasalahan rambut yang satu ini seperti : paparan sinar matahari yang terlalu lama, bahan kimia dari produk rambut yang anda pakai, terlalu sering atau terlalu jarang keramas, atau karena penyakit tertentu. Efek dari jenis permasalahan pada rambut kering  antara lain dapat menyebabkan rambut mudah patah, terlihat kusam, dan warna rambut terlihat lebih muda. 
 *Rambut Rontok
Terjadinya kerontokan pada rambut sebenarnya bukanlah hal aneh akan tetapi yang harus menjadi catatan penting adalah apabila jumlah rambut rontok sangat banyak dan rambut anda menjadi semakin tipis secara cepat yang akhirnya dapat menyebabkan terjadinya kebotakan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut mudah rontok antara lain karena stress, anda sedang dalam pengobatan dokter untuk penyakit tertentu yang mengharuskan anda secara rutin mengkonsumsi obat tertentu, penggunaan hair gel atau styling wax (produk serupa lainnya) secara berlebihan, kemudian faktor kekurangan nutrisi seperti zat besi dan zink juga turut berperan dalam terjadinya kerontokan rambut.
*Rambut Bercabang
Apabila anda termasuk kategori orang yang sering mengganti warna rambut ataupun sering memakai pengering rambut maka kemungkin besar permasalahan rambut yang satu ini akan anda alami. Pada rambut bercabang maka kutikula rambut anda terbelah sehingga memperlihatkan korteks di dalamnya dan menembus batang rambut.
*Rambut Berketombe
Ketombe atau serpihan putih yang ada pada kulit kepala ini tentunya akan sangat menganggu sekali pada penampilan anda. Ketombe sebenarnya merupakan sel-sel kulit mati kepala anda dan penyebabnya pun sangat beragam mulai dari kulit kepala yang terlalu berminyak, sisa shampo dan penggunaan produk rambut yang masih tertinggal, jamur, penyakit, makanan, pengaruh cuaca yang kering serta stres yang berlebihan juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya ketombe.




3.Bagaimana cara meminimalisir terjadinya gangguan pada kulit kepala dan rambut :

Sebenarnya ada beberapa langkah mudah untuk meminimalisir terjadinya ganguan pada rambut dan kulit kepala anda, antara lain :

  • Jaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala anda dengan rutin mencuci rambut, seberapa sering anda mencuci rambut tergantung dari jenis rambut dan tingkat aktifitas anda.
  • Gunakan produk rambut yang sesuai dengan jenis rambut anda dan jangan menggunakannya secara berlebihan.
  • Sebisa mungkin hindari pewarnaan cat rambut.
  • Jaga pola makan dan istrirahat yang cukup dan olah raga secara teratur hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya stres.
  • Paling tidak sebulan sekali anda bisa merawat rambut dengan melakukan perawatan rambut di tempat-tempat yang menyediakan jasa tersebut, hal ini bertujuan untuk merelaksasi kulit kepala dan rambut anda.



Demikianlah beberapa informasi mengenai rambut dan permasalahannya...semoga artikel kali ini bermanfaat :)  


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar