Sabtu, 17 Januari 2015

Info seputar macam-macam jenis kulit wajah :)



Pria melakukan perawatan kulit wajah?? mungkin untuk beberapa orang hal ini masih terdengar sedikit aneh dan janggal tetapi bila kita lihat dari segi manfaat positif dari merawat kesehatan kulit wajah dan tubuh maka tentu saja kita akan mendapatkan jawaban bahwa hal tersebut bukanlah hal yang aneh ataupun janggal melainkan sebuah keharusan sebab untuk merawat kesehatan kulit wajah dan tubuh tidak terbatas hanya untuk gender tertentu saja.

Perlukah seorang pria memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat ?? tentu saja jawabannya adalah YA......Pada dasarnya untuk merawat kulit baik itu kulit wajah dan tubuh tidak terbatas hanya untuk gender tertentu, sebab diakui atau tidak untuk era sekarang ini baik pria maupun wanita pada umumnya mendambakan memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih.

Pentingkah untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh ?? tentu saja jawabannya YA, sebab kulit tubuh manusia rentan sekali dengan berbagai jenis penyakit kulit baik itu jenis penyakit yang ringan sampai berat dan apabila kita tidak merawat dengan baik dan benar tentunya di kemudian hari hal ini akan merugikan diri kita sendiri.

Lalu mengapa kita harus menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah dan tubuh ?? jawabannya bisa karena berbagai macam faktor, antara lain : 

  1. Supaya terhindar dari berbagai macam jenis penyakit kulit, baik itu penyakit ringan maupun berat.
  2. Apabila kita memiliki kulit wajah dan tubuh yang sehat dan bersih tentu saja hal ini akan menambah rasa percaya diri kita.
  3. Sebagai penunjang penampilan, khususnya untuk beberapa orang yang memiliki perkerjaan yang mengharuskan bertemu dengan banyak orang, tentu saja hal ini menjadi sangat penting sebab dengan memiliki kulit wajah dan tubuh yang sehat maka orang tersebut akan memiliki rasa percaya diri yang baik, dan hal ini tentu saja akan menunjang performa dalam menjalankan perkerjaannya.
  4. Dengan menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah dan tubuh, hal ini sama saja dengan tidak langsung kita juga menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai macam jenis penyakit, sebab untuk beberapa faktor cara merawat kesehatan kulit juga berhubungan dengan menjaga kesehatan tubuh.

Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara yang sederhana yang bisa kita lakukan dalam keseharian untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh,  alangkah pentingnya untuk kita mengetahui terlebih dahulu tentang jenis kulit kita, sebab ada beberapa jenis kulit wajah dan nantinya akan sangat berpengaruh dalam cara merawatnya karena untuk setiap jenis kulit wajah memiliki cara penanganan dan perawatan yang berbeda apabila kita salah dalam cara merawatnya maka bukan kulit yang sehat dan bersih yang akan kita dapatkan justru sebaliknya.....Lalu ada berapa macamkah jenis kulit wajah ??, ada beberapa macam jenis kulit wajah, antara lain : 

 
1.Kulit Berminyak : Untuk jenis yang pertama, adalah jenis kulit wajah berminyak...Jenis kulit yang satu ini termasuk jenis yang sulit dalam penanganan dan perawatannya, sebab bila kita salah dalam merawatnya maka masalah yang paling sering timbul adalah jerawat dikarenakan inveksi bakteri akibat debu dan minyak pada permukaan kulit dan juga wajah akan lebih mudah timbul komedo akibat tertutupnya pori-pori kulit oleh karena debu dan minyak yang berlebih pada bagian wajah. Ciri khusus yang bisa kita lihat untk jenis kulit berminyak adalah pada permukaan kulit nampak berminyak serta sedikit sulit untuk untuk menghilangkannya, untuk jenis kulit berminyak terkadang sekalipun kita sudah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka atau sejenisnya hal ini bersifat tidak permanen sebab hanya dalam beberapa jam saja maka kulit wajah akan tampak kembali berminyak. Ciri lain yang dapat dikenali untuk jenis kulit berminyak adalah permukaan kulit akan nampak megkilap atau berkilau terutama pada area T bagian wajah serta untuk jenis kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar dibandingkan dengan jenis kulit lain pada umumnya. 


2.Kulit KeringUntuk jenis kulit kering dapat dikenali dengan beberapa ciri seperti berikut : 
  • Kulit terasa kasar dan kaku.
  • Kulit tampak tidak segar atau kusam.
  • Kulit terasa kaku seperti tertarik terutama setelah kita mencuci muka baik dengan air maupun sabun wajah.
  • Kulit lebih mudah mengalami dehidrasi.
  • Kulit cenderung terlihat keriput pada usia dan saat tertentu.
  • Garis ataupun kerutan di sekitar pipi, mata dan bibir dapat muncul dengan mudah pada wajah yang memiliki jenis kulit kering.
  • Pada beberapa kasus kulit akan mudah sekali terkelupas.

 3.Kulit Kombinasi : Jenis kulit kombinasi adalah gabungan dari 2 macam jenis kulit, biasanya untuk kulit kombinasi merupakan gabungan dari kulit kering - berminyak ataupun normal - berminyak. Mayoritas untuk jenis kulit kombinasi pada daerah T bagian wajah ( dahi, hidung dan dagu ) cenderung berminyak, sedangkan untuk wilayah pipi, daerah seputar mata dan leher cenderung lebih kering atau normal ketimbang daerah T pada bagian wajah. Untuk jenis kulit kombinasi cenderung memerlukan perawatan khusus mengingat terdapat 2 jenis kulit wajah yang berbeda pada bagian wajah, dimana untuk area kulit yang berminyak maka diperlukan menggunakan perawatan khusus untuk kulit berminyak dan untuk area kulit kering ataupun normal memakai perawatan sesuai jenisnya.


4.Kulit Sensitif : Jenis kulit yang satu merupakan salah satu jenis kulit yang dalam penanganan dan perawatannya harus ekstra hati-hati, sebab jenis kulit yang satu sangat sensitif sekali terhadap berbagai macam hal terutama untuk penggunaan produk perawatan wajah dan beberapa produk perawatan untuk kulit tubuh lainnya maupun produk wewangian. Kulit yang sensitif biasanya memiliki jenis kulit yang lebih tipis dibandingkan dengan jenis kulit lainnya, sehingga hal ini mengakibatkan untuk jenis kulit sensitif sangat peka terhadap hal-hal yang dapat menimbulkan efek alergi. Bentuk reaksi yang paling cepat terlihat untuk kulit sensitif adalah mudah sekali timbul bercak merah ataupun gatal apabila kulit tidak cocok dengan produk perawatan yang digunakan ataupu terkena produk perawatan kulit serta produk wewangian ( untuk beberapa kasus ada yang bercak kemerahan dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa saat namun untuk kasus tertentu ada yang memerlukan penanganan medis sebab bila tidak ditangani dengan baik maka akan memiliki dampak yang cukup serius )


5.Kulit Normal : Jenis kulit yang satu ini adalah salah satu jenis yang kulit yang paling ideal dan mudah dalam perawatannya, kelenjar minyak pada kulit normal biasanya tidak bandel sehingga minyak ( sebum ) yang diproduksipun seimbang ( tidak berlebihan / menjadikan kulit berminyak ataupun tidak kekurangan / menjadikan kulit menjadi kering ). Ciri umum yang dapat dilihat pada jenis kulit normal adalah kulit tampak lembut, lembab, segar dan sehat, akan tetapi jenis kulit yang satu inipun tetap memerlukan perawatan supaya kesehatan dan kebersihannya tetap terjaga.


Setelah mengetahui beberapa jenis kulit seperti diatas, lalu langkah sederhana apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan baik itu kulit wajah maupun tubuh, antara lain sebagai berikut : 
  • Minumlah air putih setidaknya 8 gelas sehari sebab jika kita kurang minum air putih maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan selain itu kulit akan tampak kusam dan kering akibat kekurangan air yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam. Selain bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh, dengan meminum air putih juga bermanfaat untuk mejaga kesehatan tubuh.
  • Milikilah waktu tidur yang cukup, setidaknya 6 - 7 jam sehari, selain bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh...dengan memiliki kualitas jam istirahat yang teratur dan cukup sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 
  • Hindari stres, sebab stres bisa sangat berdampak buruk selain untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh, stres juga memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Langkah mudah untuk menghindari stres adalah dengan melakukan olah raga secara teratur dan tentu saja dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.
  • Konsumsi makanan yang sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran maka kesehatan kulit wajah dan tubuh pun akan selalu terjaga. 
  • Dan jangan lupa untuk mejaga kebersihan wajah dengan mencuci muka setidaknya 2-3 kali sehari...untuk mencuci wajahpun jangan terlalu berlebihan sebab apabila berlebihan justru efek yang tidak baik yang akan kita dapatkan. 

Itulah beberapa informasi seputar jenis kulit wajah dan langkah mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah dan tubuh...setelah kita mengetahui jenis wajah yang kita miliki maka tentunya akan lebih mudah untuk kita dapat memilih jenis produk perawatan wajah yang akan kita gunakan....semoga artikel kali ini bermanfaat ya :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar