Kamis, 15 Januari 2015

Coklat dan manfaatnya untuk estetika






Siapa yang tidak tahu dan tidak kenal jenis makanan yang satu ini.....Coklat adalah makanan yang terkenal akan kelezatan rasanya....selain manis dan nikmat, coklat juga dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang mampu untuk mengurangi stress dan untuk memperbaiki mood....ternyata selain memiliki banyak manfaat positif untuk kesehatan, coklat juga memiliki banyak manfaat untuk estetika...Kali ini saya akan sedikit memberikan informasi mengenai manfaat coklat untuk estetika, akan tetapi yang perlu dijadikan catatan disini adalah coklat yang digunakan untuk keperluan estetika adalah coklat murni dan berbeda dengan coklat untuk konsumsi....sebab kebanyakan coklat untuk dikonsumsi sudah memiliki beberapa bahan campuran lainnya seperti gula, perasa dll, jadi coklat yang digunakan untuk keperluan estetika adalah coklat murni yang memiliki banyak kandungan gizi untuk kesehatan kulit......semoga ulasan kali ini bermanfaat :) 




* Apa saja manfaat dan kandungan coklat untuk kesehatan kulit

  • Flavanoid : Kandungan flavanoid atau flavanols yang terdapat di dalam coklat murni memiliki fungsi alami sebagai pelindung kulit dari sinar matahari atau sinar UV. Seorang peneliti dari Heinrich Heine University, Jerman, menemukan flavanoid dalam dark chocolate bisa menghalau manfaat buruk sinar UV dan melancarkan peredaran aliran darah ke kulit. Hasilnya kulit menjadi lebih lembap dan bersinar.
  • Antioksidan : Coklat juga dikenal sebagai salah satu jenis makanan yang mengandung kadar antioksidan yang tinggi dimana antioksidan ini sangat berguna untuk menghalau radikal bebas yang bisa merusak elastisitas dan produksi kolagen pada kulit. Penelitian yang diterbitkan di “Journal of Nutrition” mengungkapkan orang yang diberikan minuman kakao selama 12 minggu menunjukkan perbaikan yang cukup terlihat pada tekstur dan tampilan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan bisa membantu mencegah keriput, menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. 
  • Vitamin dan Mineral :  Di dalam coklat juga terkandung vitamin B, seng, kalsium, potasium, dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Berbagai kandungan mineral dan vitamin ini juga memiliki fungsi sebagai pelembap alami yang melembutkan kulit sehingga kulit tidak tampak kasar dan kusam, selain hal tersebut kandungan yang terdapat dalam coklat juga bisa membantu mengurangi stres dimana ketika tubuh mengalami stres maka produksi kolagen terganggu sehingga mudah menyebabkan kerutan dan membuat kulit kusam.
  • Minyak kakao : Kandungan lemak yang terdapat pada minyak dari kakao atau yang biasa disebut sebagai cocoa butter mengandung asam linoleat. Asam lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk membantu menghilangkan garis-garis halus pada kulit, menyamarkan guratan dan bekas luka oleh kaaren itu biasanya cocoa butter sering digunakan sebagai bahan campuran pada pelembap tubuh karena teksturnya yang mudah diserap kulit selain itu cocoa butter juga mengandung vitamin E tinggi yang berguna untuk membantu proses regenerasi dan perbaikan sel kulit.



*Dapat digunakan sebagai produk apa sajakah coklat untuk kulit wajah dan tibuh :  

  • Sabun coklat ( Chocolate Shower Gel ) : Sekarang ini banyak sekali kita jumpai produk sabun mandi yang memilki bahan dasar coklat, biasanya terdapat dalam 2 variant yaitu sabun batang ( bar soap ) dan sabun mandi cair ( shower gel ). Sabun coklat adalah sabun yang memiliki bahan dasar cocoa powder plus VCO yang menghasilkan wangi coklat alami dan bermanfaat untuk merawat kulit. Coklat mengandung antioksidan (flavonoid dan fenol), Vitamin B1, C. A, Vitamin E dan Vitamin D serta katein. Kandungan antioksidan, katein dan Vitamin E yang terdapat dalam coklat bermanfaat baik bagi kulit sehingga tidak heran lagi jika para ahli di bidang estetika menggunakan coklat sebagai salah satu bahan dasar untuk produk perawatan kulit, salah satunya digunakan juga untuk membuat sabun coklat. Selain menimbulkan efek wangi yang khas dari coklat, sabun coklat juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, menghaluskan dan mengencangkan kulit.
  • Body lotion : Beberapa produk terkemuka kini juga menghadirkan hand and body lotion yang memiliki bahan dasar cocoa butter, dimana cocoa butter ( minyak cocoa ) memiliki manfaat untuk menghaluskan dan melembapkan kulit, sehingga cocok sekali digunakan untuk orang yang memiliki jenis kulit cenderung kering, selain hal tersebut manfaat lain dari cocoa butter ini adalah untuk memperbaiki tekstur kulit yang rusak seperti pecah-pecah karena kering.
  • Body scrub : Sama halnya dengan lotion, untuk scrub yang memiliki bahan dasar coklat juga memiliki kandungan cocoa butter ( minyak cocoa ), sehingga memiliki banyak sekali manfaat antara lain untuk melembapkan kulit, mencerahkan kulit, membantu proses regenerasi kulit, dan juga karena coklat memiliki keharuman yang khas dengan memakai lulur coklat dapat membantu mengurangi bau badan yang kurang sedap.
  • Hairspa : coklat juga dapat digunakan sebagai salah satu produk hair spa, dimana coklat memiliki manfaat juga untuk mencegah kerusakan dan melembutkan rambut, selain hal tersebut penggunaan coklat sebagai produk coklat juga menimbulkan efek aroma yang wangi dan khas pada rambut, dan biasanya penggunaan bahan dasar coklat sebagai produk untuk hairspa menimbulkan efek aroma yang wangi dan khas serta tahan lama. 

 


Itulah beberapa manfaat dari coklat yang dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk produk-produk estetika...Selain dapat dikonsumsi sebagai makanan yang juga dapat menyehatkan tubuh karena banyak manfaat positif nya coklat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Yang perlu diingat juga adalah kita harus membatasi juga konsumsi coklat sebab selain memiliki manfaat positif, coklat juga dapat menimbulkan efek negatif apabila dikonsumsi secara berlebihan....dan juga coklat yang digunakan untuk bahan estetika atau perawatan kulit berbeda dengan coklat untuk konsumsi...Semoga artikel kali ini bermanfaat ya :) 

1 komentar:

  1. Selamat siang, perkenalkan saya Thomas Abraham, perusahaan kami yaitu, PD.Kakao Inti Jaya adalah perusahaan yang bergerak di bidang supplier Cocoa Product, salah satunya COCOA BUTTER. Kami melayani penjualan eceran, minimal 1 kg maupun quantity besar. Silahkan hubungi saya di 081223201725 atu PIN BB 28C79CD4. Terima kasih.

    BalasHapus